J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7

Siapa yang Menciptakan Matematika?

Pernah ga sih kamu bertanya, siapa yang menciptakan matematika? Siapa penemu matematika? Siapa yang menemukan angka? Itulah beberapa pertanyaan yang sering disampaikan. Pertanyaan yang sering disampaikan oleh kamu yang suka matematika, dan juga ditanyakan oleh kamu yang "benci" (red:belum suka) sama matematika.

Nah, biar ga penasaran, pada artikel kali ini akan disampaikan siapa sih penemu matematika. Sebelum lanjut, kita kenalan dulu dengan matematika.

Pengertian Matematika

Matematika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang logika yang berkaitan dengan konsep, susunan, bentuk dan besaran. Matematika terbagi menjadi tiga bidang, yaitu: analisis, aljabar, dan geometri.

Matematika sangat erat dengan kehidupan sehari-hari dan tidak bisa terlepas darinya. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk belajar matematika.

Penemu Matematika

Sebagaimana kita ketahui dalam temuan arkeologi bahwa fakta-fakta matematika telah dikenal dan digunakan oleh bangsa Mesir Kuni dan Babilonia (Mesopotamia). 

Fakta-fakta tersebut khususnya tentang bilangan dan bangun geometri yang digunakan untuk berbagai manfaat kehidupan. Salah satu contohnya adalah digunakan dalam membangun piramida.

Dari naskah-naskah kuno yang ditemukan, ternyata pengembangan matematika sebagai ilmu yang sistematis, matematika yang dikenal saat ini, dilakukan oleh bangsa Yunani Kuno.

Pernah dengar Dalil Pythagoras? Ya, Dalil Pythagoras adalah dalil matematika yang menjelaskan tentang segitiga siku-siku yang dicetuskan oleh Pythagoras. 

Lalu siapa sih Pythagoras itu?

Pythagoras adalah seorang matematikawan Yunani Kuno (570-495 SM) yang dilahirkan di sebuah pulau kecil dekat Turki, Samos. 

Hidup di masa Babilonia, Pythagoras belajar dari orang Babilonia tentang tripel bilangan bulat a, b, dan c yang memenuhi persamaan $a^2 + b^2 = c^2$, yang sekarang dikenal sebagai Tripel Pythagoras. 

Contoh Tripel Pythagoras yang sering diajarkan di sekolah adalah 3, 4, dan 5. Contoh lainnya adalah 5, 12, dan 13.

Lalu siapakah yang menciptakan matematika? Siapa yang menemukan matematika pertama? Apakah Pythagoras matematikawan pertama?

Ternyata Pythagoras bukanlah matematikawan pertama. Sebelum Pythagoras, ada Thales (624–546 SM) yang mengembangkan Matematika Deduktif, menekuni Astronomi, dan membuat kalender.

Thales membuktikan bahwa sudut keliling lingkaran yang menghadap diameter selalu merupakan sudut siku-siku. Hingga saat ini, Thales dianggap sebagai matematikawan pertama.

Referensi:

https://anakbertanya.com/siapakah-penemu-matematika/
https://en.wikipedia.org/wiki/Thales_of_Miletus












Related Posts

Related Posts

Posting Komentar