J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7

Apa Yang Dimaksud Dengan Bintang? Bentuk, Nama dan Manfaat Bintang

Diantara kita tentunya pernah mendengar kata bintang, seperti terdapat dalam lagu anak yang berjudul "Bintang Kecil" yang diciptakan oleh R. Geraldus Daljono.

Kamu pasti pernah bertanya, apa yang dimaksud dengan bintang? Bagaimana bentuk bintang sebenarnya? Apa nama-nama bintang di langit? Apa sih manfaat bintang?

Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan sampai selesai.

Gambar Bintang
Ilustrasi Bintang di Langit, Unsplash

Arti Bintang

Bintang adalah objek yang berada di langit atau luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri. Bintang yang memiliki cahaya sendiri disebut sebagai bintang nyata.

Ada juga bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, yang disebut dengan bintang semu. Namun pada dasarnya "bintang semu" bukanlah bintang. Bintang semu adalah planet yang memantulkan cahaya, sehingga planet tersebut seperti memancarkan cahaya.

Salah satu contoh bintang nyata adalah matahari yang berada pada galaksi bimasakti. Sedangkan planet yang mengitarinya seperti Saturnus, Uranus, Bumi, Mars, Venus dan Merkurius disebut sebagai bintang semu.

Dalam ilmu astronomi dijelaskan bahwa bintang merupakan semua objek yang bermuatan massa 0,08 sampai dengan 200 massa matahari. Matahari menjadi bintang nyata yang terdekat bumi yang berjarak 149 juta kilometer. 

Setelah matahari, terdapat bintang proxima centauri yang berada dalam rasi bintang centaurus yang berjarak empat tahun kecepatan cahaya.

Bentuk Bintang

Sebagian besar diantara kita dapat dipastikan menggambar bintang seperti berikut:

$\star$

Lalu bagaimana bentuk bintang asli di langit?


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar