J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7

Pengertian dan Contoh Garis Vertikal dan Horizontal

Saat mempelajari koordinat kartesius dalam matematika, tentunya kamu akan bertemu dengan istilah garis vertikal dan garis horizontal.

Apa sih garis vertikal dan horizontal itu? Apa perbedaan garis vertikal dan horizontal? Apa contoh garis vertikal dan garis horizontal?

Garis vertikal dan garis horizontal merupakan posisi garis berdasarkan sudut pandang horizon atau permukaan bumi.

Secara terpisah akan dijelaskan satu persatu, yuk simak sampai akhir!

Pengertian Garis Vertikal

Menurut kbbi, vertikal adalah tegak lurus dari atas ke bawah ataupun sebaliknya, yang membentuk garis tegak lurus (sudut $90^o$) dengan garis horizon, permukaan bumi, atau permukaan datar. 

Untuk membuat garis vertikal, kamu bisa membuatnya dengan menarik sebuah garis lurus dari atas ke bawah ataupun sebaliknya.

Pada koordinat kartesius, garis vertikal digambarkan dengan garis yang sejajar atau berimpit dengan sumbu $y$ (ordinat). Perhatikan gambar berikut:

Gambar Garis Vertikal

Pada gambar di atas, garis MN pada koordinat kartesius merupakan garis vertikal, karena sejajar dengan sumbu $y$ (ordinat) dan tegak lurus terhadap sumbu $x$ (absis).

Contoh Garis Vertikal

Contoh Garis Vertikal

Terlihat pada gambar, menara eifel berdiri tegak vertikal, karena tegak lurus terhadap garis horizon permukaan bumi.

Pengertian Garis Horizontal

Dalam kbbi dijelaskan bahwa garis horizontal adalah terletak pada garis atau bidang yang sejajar dengan horizon, permukaan bumi atau garis datar. Dapat dikatakan pula bahwa garis horizontal adalah garis mendatar.

Garis horizontal dapat dibuat dengan cara menarik sebuah garis lurus dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya.

Pada koordinat kartesius, garis horizontal digambarkan dengan garis yang sejajar dengan sumbu $x$ (absis). Perhatikan gambar berikut:

Gambar Garis Horizontal

Terlihat pada gambar, garis MN pada koordinat kartesius merupakan garis horizontal, karena sejajar dengan sumbu $x$ (absis) dan tegak lurus terhadap sumbu $y$ (ordinat).

Contoh Garis Horizontal

Contoh Garis Horizontal

Pada gambar di atas, terlihat garis laut yang mendatar dari kiri ke kanan membentuk garis horizontal, hal tersebut karena posisi garis laut sejajar terhadap garis horizon permukaan bumi. 

Simpulan

Sudah paham kan ya perbedaan garis vertikal dan horizontal. Untuk memudahkan kamu, perhatikan gambar berikut:

Garis Vertikal dan Horizontal

Demikian perbedaan garis vertikal dan horizontal beserta contohnya, semoga bermanfaat.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar