Manfaat Trigonometri dalam Kehidupan

Pernahkan kamu bertanya, buat apa sih belajar trigonometri? Manfaat ga sih belajar trigonometri? Emangnya trigonometri bisa berguna? Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sebagian kita.

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana sih trigonometri digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada zaman dulu, saat masa Yunani Kuno, sekitar abad ke-3 SM, trigonometri digunakan dalam perhitungan astronomi. Misalnya saja trigonometri digunakan untuk menghitung berapa jarak bulan ke bumi.

Trigonometri juga digunakan dalam bidang geografi, yaitu bagaimana menghitung jari-jari Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi tanpa harus keliling menjelajahi Bumi.


Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah trigonometri dapat digunakan untuk mengukur tinggi pohon tanpa harus memanjatnya apalagi menebangnya. Mengukur tinggi pohon dapat dilakukan dengan mengukur bayangan yang dibentuk oleh sinar matahari. Juga mengukur sudut yang dibentuk oleh titik pangkal pohon, titik ujung bayangan pohon, dan titik ujung pohon tersebut.

Dari hasil ukur bayangan tersebut, gunakan pengetahuan trigonometri untuk menghitung tinggi pohon tersebut yaitu dengan menerapkan nilai perbandingan trigonometri, baik sinus, cosinus dan tangen.

0 Response to "Manfaat Trigonometri dalam Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel