J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7
Ilmuwan Muslim Penemu Asli Teori Pelangi

Iklan Billboard 970x250

Ilmuwan Muslim Penemu Asli Teori Pelangi

Sebuah karya ilmiah yang dituliskan dalam sebuah buku berjudul "Kitab Al-Istibar fi ma Tudrikuhu Al-Abhsar", sebuah karya yang mengulas tentang fenomena pelangi. Ditulis oleh  Al-Qarafi, seorang ilmuwan muslim yang berkonsentrasi mendalami astronomi dan fisika.

pic by unsplash
Imuwan bernama lengkap Shihab al-Din Abu Al Abbas Ahmad Ibn Idris Al Sanhaji Al-Qarafi, dilahirkan di distrik Bahnasa, Mesir, sekitar 1228 M, dan diperkirakan meninggal di Mesir pada 684 H atau 1285 M.

Al-Qarafi mengurai teori pelangi bermula dari serangkaian pertanyaan yang disampaikan kepada Sultan Kamil Muhammad, dari Dinasti Ayyubiyah oleh Raja Sisilia, Frederick II. Dari serangkaian pertanyaan itu, Al-Qarafi mulai melakukan penelitian.

Dalam bukunya, Al-Qarafi menjelaskan bahwa pelangi muncul disebabkan pancaran matahari dalam asap. Berkas sinar matahari dalam asap selalu berwarna merah seperti halnya saat matahari mulai terbit dan tenggelam.

Al-Qarafi menuturkan bahwa asap yang tebal menimbulkan kabut yang timbul di daerah rendah diakibatkan oleh panasnya perut bumi. Kabut tersebut timbul dengan warna hampir hitam juga terkadang berwarna biru langit. Namun jarang sekali timbul dengan warna putih. Kombinasi warna merah dan hitam mengakibatkan timbulnya warna kuning. Dasar inilah yang menyebabkan warna pelangi menjadi merah, biru langit, kuning, dan warna lainnya.

Pada bagian lain, Al-Qarafi menjelaskan kenapa pelangi tidak muncul setiap hari. Hal tersebut disebabkan oleh adanya bukit ataupun awan mendung di balik partikel kabut. Partikel kabut yang pekat menyebabkan tidak tembus cahaya.

Dari penjabaran yang dituturkan Al-Qarafi, berbagai kalangan menilai bahwa penjabaran tersebut merupakan penjabaran yang paling memuaskan dibanding penjabaran ilmuwan lain semisal Ibnu Rusyd, Aristoteles, Roger Bacon, Seneca, dan Theodororius of Frieberg. Sehingga penjabaran Al-Qarafi menjadi pijakan pada penlitian tentang pelangi pada periode berikutnya. Tidak mengherankan jika Al-Qarafi disebut sebagai penemu asli teori pelangi.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar