J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7
Tips Cepat Beradaptasi di Kampus Baru

Iklan Billboard 970x250

Tips Cepat Beradaptasi di Kampus Baru

Menyandang status sebagai mahasiswa baru merupakan sesuatu hal yang sudah ditunggu semenjak lulus SMA. Bagaimana tidak, kamu harus berjuang melalui berbagai tahap agar bisa masuk kampus favoritmu. Menjadi mahasiswa baru adalah masa dimana kamu bisa mendapat banyak pengalaman.

pic by unsplash
Berbeda seperti saat masa putih abu, masa kuliah menuntut kamu untuk membiasakan belajar mandiri dan tidak terlalu banyak bergantung pada orang lain.

Tentunya dengan menjadi mahasiswa baru, kamu bertemu dengan teman baru, tempat baru dan suasanapun baru. Kamu dituntut untuk dapat segera beradaptasi dengan suasana akademik kampus.

Berikut tips agar kamu dapat cepat beradapatasi di kampus baru:

1. Membuka Diri

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka diri. Maksudnya adalah kamu tidak menutup diri dari kehadiran orang-orang baru. Terutama saat momen Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) atau biasa disebut ospek. Lakukan perkenalan dan bersikaplah ramah pada teman mahasiswa lain dan setiap orang yang kamu temui. Dengan begitu kamu mendapatkan banyak teman dan menjadikanmu nyaman berada di kampus.

2. Adaptasi dengan Sistem Belajar Kampus

Berbeda seperti saat SMA, di kampus kamu akan menemui banyak hal baru terutama dalam sistem pembelajaran. Banyak istilah yang tidak kamu temui saat masa putih abu, seperti MK, KRS, SKS, IP, IPK, SP dan sebagainya. Carilah banyak informasi yang berkaitan dengan istilah-istilah akademik kampus. Jangan ragu untuk bertanya jika kamu menemukan kesulitan, baik kepada teman atau kepada dosen.

3. Berikan Kesan yang Bagus

Sama seperti halnya guru kamu saat di SMA, ada macam-macam tipe dosen yang akan kamu temui, dari yang baik sampai yang galak. Buatlah kesan pertama yang bagus tentangmu terhadap dosen. Misalnya saja dengan datang tepat waktu saat jam kuliah, selalu mengerjakan tugas, dan aktif di dalam kelas.

4. Hidupkan Kelompok Belajar

Jangan pelit untuk berbagi, terutama ilmu yang telah kamu dapatkan. Bagikan ilmu yang kamu peroleh kepada teman, salah satunya dengan membentuk kelompok belajar. Dengan membentuk kelompok belajar, kamu bisa saling tukar pikiran, berdiskusi atas berbagai masalah, membuka wawasan. Juga saling bantu jika ada yang kesulitan dalam akademik, baik tugas maupun dalam proses pembelajaran.

5. Aktif Berorganisasi

Menjadi mahasiswa tidak cukup hanya menjadi kupu-kupu (kuliah pulang), tetapi juga perlu pengalaman dan wawasan baru. Salah satunya adalah dengan berorganisasi. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh dengan berorganisasi, salah satunya adalah kamu bisa mendapat kawan baru yang berasal dari bidang ilmu lain. Kamu bisa saling tukar pikiran, berbagi wawasan dan pengalaman. Dengan berorganisasi juga bisa memudahkan kamu beradaptasi dengan lingkungan kampus dan membuat kuliahmu menjadi lebih menyenangkan.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar