J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7
Kandungan dan Khasiat Luar Biasa Biji Ketumbar

Iklan Billboard 970x250

Kandungan dan Khasiat Luar Biasa Biji Ketumbar

Siapa sih yang tidak tahu dengan biji ketumbar? Apalagi anda yang terbiasa memasak tentunya sangat familiar dengan bumbu dapur yang satu ini. Nah, tahukah anda jika biji ketumbar ternyata mempunyai banyak manfaat. Yuk simak penjelasannya.

pic by unsplash

Apa Itu Biji Ketumbar?

Menurut Trubus Volume 07 (Minyak Atsiri), ketumbar dibedakan menjadi dua varietas, yaitu Coriandrum sativum var.vulgare (mempunyai diameter biji 3mm-6mm) dan Coriandum sativum var. Microcarpum (mempunyai diameter biji 1,5mm-3mm). Kandungan minyak atsiri pada ketumbar berbiji kecil lebih tinggi.


Apa Itu Minyak Atsiri?

Minyak atsiri merupakan salah satu sisa proses metabolisme tanaman karena adanya reaksi senyawa kimia dengan air. Minyak atsiri ini berwujud cairan kental yang mudah menguap pada suhu kamar dan menghasilkan aroma yang khas. Komposisi minyak atsiri biji ketumbar, diantaranya d-alfa-pinen (bersifat anti jamur), betapinen, dipenten, penta simen, alfa, dan gama terpinen, terpinolen, dan d-linalol.

Berdasarkan hasil uji fitokimia, menunjukkan bahwa ketumbar mengandung protein, karbohidrat, senyawa fenolik (memiliki daya antibakteri karena mampu mendenaturasi protein sel bakteri), tanin, dan flavonoid. Flavonoid bersifat antibakteri dan antioksidan. (Wangensteen, Samuelsen, & Malterud, 2004) Selain itu, flavonoid ini mampu meningkatkan sistem imunitas. Kandungan lain di dalam biji ketumbar, yaitu:
  • Kalsium, berfungsi sebagai mineral tulang dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil (normal),
  • Fosfor, berfungsi dalam pembentukkan, pertumbuhan tulang, dan menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh,
  • Magnesium, memiliki peran dalam proses metabolisme kalsium dan kalium dan membantu kerja enzim dalam metabolisme energi,
  • Besi, berperan dalam pembentukkan sel darah merah, hemoglobin, dan mioglobin  (M, 2009) (Fauci, 2008) 
  • Vitamin C, sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah dan mengurangi bahaya yang disebabkan oleh radikal bebas
  • Vitamin B (Jenis Niasin), berfungsi dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi serta membantu meningkatkan kesegaran tubuh. (M, 2009)
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dewi Andang Prastika dan Sugita, dengan judul penelitian “Efektivitas Rendaman Biji Ketumbar (Coriandrum sativum L) untuk Terapi Masalah Keputihan pada Wanita Usia Subur”, menunjukkan bahwa secara statistik Air rendaman biji ketumbar efektif menyelesaikan masalah keputihan pada wanita usia subur.

pic by unsplash
Anda tentu tahu dr. Zaidul Akbar kan? Seorang dokter yang populer dengan Jurus Sehat ala Rasulullah (JSR). Melalui menu JSR nya beliau membagikan menu produk Allah beserta khasiatnya, tentunya dengan alasan ilmiah dan Islamiyah, termasuk biji ketumbar ini.

dr. Zaidul Akbar menganjurkan untuk meminum air rendaman biji ketumbar, tentunya dengan jumlah dan resep tertentu beserta karakteristik biji ketumbarnya (Resepnya bisa dicek di akun instagram dr. Zaidul Akbar maupun menu JSR).

Selain khasiat yang sudah disebutkan di atas, air rendaman biji ketumbar  ini juga dapat menghangatkan perut, menguatkan otot-otot, dan menguatkan jantung karna bersifat atsiri. Ketika menguap dan menghasilkan aroma, nah aroma itulah yang  dapat menguatkan jantung.

MasyaAllah, luar biasa ciptaan-Nya
Semoga bisa menjadi wasilah bagi kita semua dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Aamiin.

Noted: tidak boleh berlebihan ya, ingat yang berlebihan itu tidak baik
Wallahua’lam bishshawab.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar