Tutorial Belajar LaTeX Dasar untuk Pemula

Definisi dan Sejarah LaTeX

TeX pertama kali diciptakan oleh Prof. Donald Knuth pada tahun 1978M. Pada awalnya Knuth menciptakan TeX untuk membantu dalam penulisan buku karyanya yang berjudul "The Art of Computer Programing", karena didalamnya banyak memuat simbol matematika yang pada masa itu tidak dapat dicetak dengan cukup baik.

TeX sebagai bahasa pemrograman yang diciptakan dengan tujuan untuk membuat tulisan pada dokumen agar menampilkan halaman yang indah dan berkualitas, terutama dokumen yang mempunyai banyak persamaan matematika. 

LaTeX merupakan kumpulan perintah yang digunakan untuk menjalankan beberapa program TeX. Dalam bahasa pemrograman, TeX juga bisa disebut bahasa assembler, dan LaTeX sebagai bahasa C. 


Mengapa harus belajar LaTeX?

Seperti halnya Microsoft Word, LaTeX dapat digunakan sebagai pengolah kata dan pembuat dokumen. Kelebihan LaTeX dibanding Microsoft Word adalah memiliki tampilan yang lebih dinamis.

LaTeX sangat berguna bagi sobat yang sedang menyusun skripsi, tesis, disertasi, dan paper jurnal, terutama dokumen yang banyak memuat formula matematika atau scientific document.

Berikut kelebihan LaTeX dibanding dengan pembuat dokumen lain:
  • Open Source, Free alias Gratis;
  • File LaTeX berukuran kecil, sehingga tidak memberatkan ke dalam sistem komputer;
  • Terdapat banyak pilihan Font;
  • Dapat membuat dan menampilkan rumus matematika yang biasanya sulit dibuat pada microsoft word;
  • Tersedia dan dapat dijalankan pada OS manapun (Windows, Linux,  MAC, dsb).

Namun tentunya, terdapat kekurangan dalam menggunakan LaTex, diantaranya sebagai berikut:
  • Bagi sobat yang awam atau baru pertama kali menggunakan LaTeX, tentunya akan terasa asing jika menemui kode sintaks bahasa TeX dan harus menghafal sintaks tersebut. Pada awalnya memang akan mengalami kesulitan, namun akan mudah jika sudah terbiasa menemui kode sintaks LaTeX;
  • Bagi sobat pengguna windows, diperlukan koneksi internet untuk dapat mendownload package, namun jika sobat menggunakan Linux, sudah langsung terinstall full-package pada saat pertama kali install;
  • Untuk dapat melihat hasilnya, dokumen perlu dicompile, sehingga pada saat mengerjakan biasanya perlu berulang kali compile untuk memastikan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Step by step

Tutorial LaTeX dasar ditujukan untuk pengguna awam atau pemula yang ingin mempelajari LaTeX dari dasar. Tutorial belajar LaTeX ini disusun secara sistematis. Materi yang akan dibahas pada tutorial ini sebagai berikut:

0 Response to "Tutorial Belajar LaTeX Dasar untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel