J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7

Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan Hijriyah yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Bulan Dzulhijjah juga disebut bulan haji, juga bulan qurban, yang menjadi waktu umat Muslim seluruh dunia memenuhi rukun islam yang ke lima yaitu beribadah haji ke Baitullah.

Disunnahkan pula pada bulan Dzulhijjah untuk melakukan amalan-amalan utama, diantaranya puasa, sedekah, kurban, dan shalat iduladha.


Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, memberikan anjuran untuk memperbanyak amal saleh pada bulan Dzulhijjah.

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر

“Rasulullah SAW bersabda: Tidak ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini,” (HR At-Tirmidzi).

Dalam hadits tersebut menjelaskan bahwa sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada 10 hari di bulan Dzulhijjah. Zumhur ulama menjadikan hadits ini sebagai dalil disunnahkan puasa 9 hari pada awal bulan Dzulhijjah.

Niat puasa di bulan Dzulhijjah:

 نويت صوم شهر ذى الحجة سنة لله تعالى

"Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala."

Puasa Tarwiyah

Puasa tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyyah yaitu tanggal 8 Dzulhijjah. Istilah Tarwiyah sendiri berasal dari Bahasa Arab yaitu tarawwa (تَرَوَّى) yang artinya adalah membawa bekal air. Hari tarwiyah adalah hari dimana para Jemaah haji membawa bekal air zam-zam sebagai bekal wukuf di Arafah dan mabit di Mina.

Niat Puasa Tarwiyah:

 نويت صوم التروية سنة لله تعالى

"Saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta’ala."

Puasa Arafah

Puasa arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari dimana jamaah haji melakukan wukuf di arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah.

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim).

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

“Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Diharamkan berpuasa pada hari raya iduladha yaitu tanggal 10 Dzulhijjah. Begitu juga diharamkan berpuasa pada hari tasyrik, yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.
Related Posts
Ahfazh
Blogger

Related Posts

Posting Komentar