J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7
Bookmark

9 Tips Memilih Nama Bayi Terbaik, SehatQ

Kehadiran anak dalam keluarga adalah sesuatu yang sangat dinanti oleh setiap pasangan menikah. Anak adalah anugerah dan karunia terindah dari Tuhan. Anak adalah amanah yang harus dijaga.

Dalam menjaga amanah tersebut, sebagai orang tua tentunya harus mempersiapkan segalanya dengan baik, tidak terkecuali dalam memilih nama terbaik untuk buah hatinya. 

Pentingnya seseorang memiliki nama, karena dengan nama inilah untuk membedakan antara satu dan lainnya. Karena dapat dibayangkan jika seseorang tidak memiliki nama, maka bagaimana kita bisa membedakan antara seseorang dengan lainnya. 

Memilih nama untuk bayi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan dan asal-asalan. Perlu persiapan dan pemilihan yang matang, agar orang tua dan anak tidak menyesal di kemudian hari. Berikut tips memilih nama bayi yang dapat anda ikuti: 

1. Mencari Nama yang Unik

Carilah nama yang unik untuk bayi anda. Bisa dengan memadukan gaya dan bahasa yang modern dan tradisional. Atau juga dapat memadukan istilah-istilah ilmiah yang berkaitan dengan profesi atau bidang pekerjaan anda.

Misalnya saja, jika anda seorang matematikawan, maka anda dapat memilih istilah seperti vektor, fuzzy, dan lain sebagainya.

Jika anda seorang kimiawan, maka anda dapat memilih istilah kimia seperti xenon, hafnium, kobalt, dan lain-lain.

2. Memilih Nama yang Mudah Dibaca, Ditulis dan Dieja

Selain mencari nama bayi yang unik, jangan lupa untuk memilih nama untuk bayi anda dengan nama yang mudah untuk dieja serta ringan untuk diucapkan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan serta pelafalan nama bayi anda dikemudian hari.

3. Jumlah Kata

Dalam pemilihan nama bayi, perhatikan juga jumlah kata. Pemilihan kata yang terlalu pendek atau bahkan hanya satu kata, dapat mengakibatkan identitas yang tertukar dengan orang lain. Selain itu, pemilihan jumlah kata yang terlalu panjang dapat menyulitkan dalam mengisi berbagai dokumen di kemudian hari.

4. Persiapan Waktu

Sediakan waktu untuk melakukan pencarian dan riset nama untuk bayi anda. Karena dengan menyediakan waktu jauh-jauh hari untuk melakukan riset nama bayi, anda akan mempunyai banyak pilihan serta variasi nama-nama yang nantinya bisa anda pilih sebagai nama terbaik untuk bayi anda.

5. Memperhatikan Makna atau Arti Nama

Nama adalah doa, begitulah bunyi nasihat populer yang sering kita dengar. Oleh karena itu, pilihlah nama yang memiliki arti terbaik. Dengan memilih nama dengan arti terbaik, harapannya adalah akan memberikan pengaruh yang baik untuk sang buah hati.

Janganlah memberi nama yang buruk untuk bayi anda, karena akan memberikan pengaruh buruk juga untuk anak. Dapat dibayangkan saat seseorang diberi nama dengan arti "sedih", tentunya dia akan merasa bersedih semasa hidupnya karena terus mengingat namanya.

 6. Sesuaikan dengan Jenis Kelamin

Lakukan pemilihan nama sesuai jenis kelamin buah hati anda. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebingungan saat pemanggilan nama atau pendataan, sehingga sulit membedakan antara jenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Anda dapat melakukan pemilihan nama bayi perempuan modern ataupun juga nama tradisional. Begitu pula untuk nama bayi laki-laki.

7. Nama Marga atau Budaya

Sesuaikan pilihan nama bayi dengan marga yang anda miliki, sehingga akan nyaman dalam menyebut nama lengkap bayi anda. Pemilihan nama keluarga juga dapat menjadi pilihan bagi anda yang tidak memiliki marga. 

8. Tentukan Nama Panggilan

Setelah menentukan nama bayi yang sudah dibahas tadi, rasanya masih kurang apabila belum menentukan nama panggilan kesayangan untuk bayi anda. Nama panggilan kesayangan dapat diambil dari sebagian nama lengkap bayi, atau juga dapat diambil dari nama lengkap yang disingkat dengan ejaan yang terbaik.

9. Hal yang harus dihindari dalam pemilihan nama

  • Memilih nama yang terlalu pendek atau terlalu panjang
  • Menggunakan nama yang sulit diucapkan di lisan
  • Memilih nama yang menyulitkan orang yang mendengar dan mengingatnya
  • Menggunakan nama yang tidak cocok serta keluar dari kebiasaan lingkungannya

Itulah tips dalam memilih nama terbaik untuk bayi anda. Semoga pilihan nama terbaik menjadi doa terbaik untuk buah hati anda, sehingga meraih kesuksesan di kemudian hari. Semoga kita dianugerahi anak yang berbakti serta keluarga yang harmonis dan selalu sehat dalam menjalani aktifitas. Rekomendasi Artikel Kesehatan untuk anda dan keluarga.


Posting Komentar

Posting Komentar