J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7
Tips Mengelola Emosi Ibu Terhadap Anak

Iklan Billboard 970x250

Tips Mengelola Emosi Ibu Terhadap Anak

Setiap orang tua, khususnya ibu, tentunya mendambakan menjadi orang tua terbaik bagi anak-anaknya. Begitupun sebagai anak tentunya mendambakan orang tua yang baik kepadanya.

pic by unsplash
Dalam mengekspresikan rasa sayangnya, seorang ibu tidak melulu dengan kelembutan, kadang kala sang ibu menyampaikan bentuk kasih sayang dengan marah dan emosi. Namun, adakalanya seorang Ibu  bisa lepas kendali saat kesal pada anaknya. Sang ibu tanpa basa-basi langsung memarahi, membentak bahkan sampai memukul anaknya. Padahal bisa saja sang anak hanya melakukan kesalahan yang sepele.

Sebaiknya ibu dapat menahan emosi saat kesal dan emosi kepada anak. Perlu ibu ketahui, membentak atau bahkan sampai memukuli anak dapat mempengaruhi mental anak, bahkan bisa menurunkan rasa empati anak.

Lalu bagaimana cara ibu mengontrol emosi agar tidak mudah marah terhadap anak? Berikut tips yang bisa ibu lakukan untuk mengelola emosi terhadap anak.

1. Bayangkan Anak Masih Bayi

Cara pertama yang bisa ibu lakukan adalah membayangkan bahwa anak ibu masih bayi. Visualisasikan bagaimana lucu dan menggemaskannya anak ibu saat masih bayi. Dengan melakukan ini, ibu tersugesti dan bisa meluluhkan hati ibu sehingga emosi dan amarah ibu mereda.

2. Rehat Sejenak

Sangat wajar bagi ibu merasa emosi terhadap anak. Saat ibu mulai terpancing amarah, lakukan rehat sejenak untuk menenangkan diri. Barulah setelah dirasa lebih tenang, datangi kembali sang anak. Saat tenang tentunya ibu akan lebih lembut dalam menasehati anak. Bersikap tegas bukan berarti kasar, apalagi sampai mengucapkan kata-kata kasar, karena hal tersebut dapat terekam oleh anak sehingga mengakibatkan anak dapat berlaku demikian di kemudian hari.

Setelah menerapkan tips tadi, ibu dapat lebih menahan diri dan mengelola emosi dengan lebih baik. Sehingga tidak hanya ibu merasa bahagia, anak pun bahagia terlatih lebih empati terhadap sesamanya.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar