J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7
Tips Melatih Kemandirian Anak

Iklan Billboard 970x250

Tips Melatih Kemandirian Anak

Membentuk kemandirian anak bukanlah hal yang mudah dan instan. Perlu kesabaran dan proses yang panjang. Perlu dorongan dan dukungan yang konsisten dari orang tua dan lingkungan anak. Lalu apa saja yang bisa dilakukan dalam melatih kemandirian anak?

pic by unsplash
Berikut tips membentuk kemandirian anak:

1. Menghargai Usaha Anak

Memberi pengharagaan atas usaha sekecil apapun yang dilakukan oleh anak adalah hal yang harus dilakukan oleh orang tua. Apresiasi yang diberikan oleh orang tua menjadi semangat dan dukungan bagi anak. Dengan apresiasi dan dukungan tersebut menjadikan anak semangat untuk terus berusaha untuk pengembangan dirinya.

2. Melatih Anak menjadi Pribadi yang Solutif

Wajar bagi orang tua merasa kasihan saat melihat anak kesulitan dalam mengerjakan pekerjaannya. Usahakan jangan langsung membantu anak dalam menyelesaikan pekerjaannya. Beri arahan sewajarnya, sehingga anak dapat menemukan sendiri solusi dalam penyelesaian pekerjaannya. Pada akhirnya anak akan terbiasa dan terbentuk dalam dirinya sebagai pribadi yang solutif, yaitu dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada disekitarnya.

3. Melibatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Biasakan anak untuk membantu pekerjaan orang tua di rumah. Misalnya saja, mencuci, menyapu, mengepel, membersihkan lemari dan lain sebagainya. Berikan jadwal rutin dengan membagi tugas setiap harinya. Latih anak agar bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan.

4. Sabar dalam Berproses

Membentuk anak yang mandiri bukanlah proses yang instan. Dibutuhkan kesabaran bagi orang tua dalam berproses panjang membentuk kemandirian anak, karena setiap anak memiliki perbedaan dalam menghadapi sesuatu yang baru ditemuinya. Ada yang cepat beradaptasi, ada juga yang lambat. Jangan memaksakan kehendak terlalu keras agar anak tidak stress dan terbebani.

Lakukan tips tadi dengan konsisten agar terbentuk pribadi anak yang mandiri. Lakukan dengan sabar dan tidak terburu-buru. Lakukan dengan senang hati agar anda sebagai orang tua dapat menikmati proses mendidik anak. Hasil yang diperoleh yaitu menjadi anak yang mandiri adalah sebuah kenikmatan bagi setiap orang tua.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar